Pages

KILANG PENGHASIL GAS ALAM CAIR (LNG) DI INDONESIA

Sebelum membahas lebih  jauh mungkin sekedar refresh sedikit mengenai gas alam cair atau sering kita sebut LNG (Liquefied Natural Gas), yaitu gas alam yang telah diproses untuk menghilangkan  pengotor atau sampah (impuritas) dan hydrocarbon fraksi berat dan selanjutnya di kondensasi menjadi cairan pada tekanan atmosfer dengan mendinginkannya sekitar -160˚celcius. LNG didominasi oleh metana dan etana. Munngkin teman-teman bertanya kenapa dibuat LNG?? Sebenarnya LNG ini merupakan rekayasa teknik untuk pengangkutan gas alam. LNG memiliki isi sekita 1/640 dari gas alam pada suhu dan tekanan standard, hal ini lah yang membuat lebih hemat untuk pengangkutan jarak jauh dengan jaringan pipa tidak ada.
Saat ini kilang yang sudah beroperasi dan  menghasilakn LNG antar lain :

PT. Arun Natural Gas Liquefacrtion
Dikenal dengan PT arun NGL adalah perusahaan penghasil alam cair Indonesia.pada tahun 1990-an kilang arun merupakan salah satu perusahaan penghasil LNG Terbesar di dunia,PT arun merupakan anak perusahaan pertamina yang berlokasi di  lhokseumawe aceh, aceh utara. Kanduangan gas mencapai 17,1 triliyu kaki kubik dengan tekanan 499 kg/cm, suhu 177˚c, dengan ketebalan 300 meter. Jumlah tersebut diperkirakan dapat menyuplai enam unit dapur pengolahan (train) dengan kapasitas masing masing 300 juta SCFD (standard cubic feet day), saat ini pt arun hanya mengeperasikan 2 unit train atau dapur pengolahan, dikarenakan cadangan ygn disebutkan di atas sudah menipis.
 

PT. badak natural gas liquefication
Seperti pt arun badak NGL yang sering disebut, merupakan kilang LNG terbesar di Indonesia dan salah satu terbesar juga di dunia. Yang berlokasi di bontang Kalimantan timur. kilang ini memiliki 8 dapur pengolahan (Train) A-H. yang mampu menghasilkan 22,5 Mtpa LNG (Juta matrik ton LNG per tahun). Dan merupakan penyumbang devisa terbesar bagi kota dan Indonesia.
 
LNG Tangguh
LNG tangguh adalah mega proyek yang membangun kilang LNG di teluk Bintuni papua barat, untuk menampung gas alam yang berasal dari beberapa blok disekitar teluk bintuni, seperti blok berau, blog wiriagar  dan blok muturi.saat ini LNG tangguh masih memilki 2 train atau dapur pengolahan untuk train yng ketiga masih tahap pembangunan. Saat ini dengan train 1 dan 2 LNG tangguh sudah menghasilkan 3,8 juta ton per tahun diharapkan apabila train 3 selesai dapat memroduksi 11,4 juta ton per tahun.
 
 
LNG Donggi senoro
Kilang ini merupakan salah satu mega proyek yang selasai di tahun ini, kilang ini terletak kabupaten banggai tepatnya didesa uso Sulawesi tengah. Kilang ini hasil kerja antara Pertamina,Medco Energy,Mitsubishi,Korean Gas Corporation. Dan kilang ini memproduksi 2 juta ton per tahun.


Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "KILANG PENGHASIL GAS ALAM CAIR (LNG) DI INDONESIA"

  1. apakah anda ingin memiliki bisnis sendiri? atau memiliki rumah pilihan Anda? pedro jerome menawarkan pinjaman 2 tingkat dengan pembayaran pinjaman yang fleksibel sesuai dengan pinjaman individu dan hak internasional, pinjaman saya diberikan dengan sekejap mata ketika saya mengajukan $800,000.00 untuk memperluas bisnis pakaian saya jadi saya akan menyarankan siapa pun di sini mencari bantuan keuangan untuk menghubungi pedroloanss@gmail.com atau whatsapp nomornya di +18632310632. semoga beruntung.

    BalasHapus