Pages

PENYEBAB HARGA MINYAK DUNIA TURUN





 
Minyak mentah dunia saat ini berada di level kurang dari USD 50 Per barel, tahun 2013 harga minyak mentah dunia tak beranjak dari posisi diatas USD 100 per barel . Pada pekan lalu harga minyak mentah dunia sempat menyentuh level tertinggi selama tujuh bulan terakhir yaitu USD 50 dan sampai akhirnya mengalami penurun kembali, tercatat untuk saat ini harga minyak jenis brent USD 49,32 per barel. Apa penyeban penurunan harga minyak mentah dunia saat ini? Sederhana saja dalam ilmu ekonomi apabila stok banyak dan permintaan kurang, harga suatu produk atau barang pasti turun. Hal inilah yang sebenrnya terjadi pada minyak mentah dunia saat ini. Berikut pemicu turunya harga minyak mentah dunia seperti yang dikutip banyak media saat ini,
Pasokan berlabih.
Kondisi ini disebabkan oleh amerika serikat melaukan revolusi energy besar-besaran yang menyebabkan membanjiri pasokan,sedangkan Negara-negara pengekspor minyak (OPEC) menggenjot produksi minyak dan menyebabkan ketidakseimbangan pasar. Konsorium yang dipimpin arab Saudi tersebut takut kehilangan pangsa pasar oleh produsen minyak mentah lainya. Inilah penyebab harga minyak turun drastis pada tahun 2014.
Penemuan cadangan Oil Shale dan shale gas AS
Sebelum mengenjot produksi minyak shale Amerika serikat tercatat sebagai konsumen minyak mentah terbesar didunia, saat ini amerika menemukan cadangan energy dari shale gas dan shale oil. Amerika serikat menggandakan produksi minyak shale dari enam tahun yang lalu yang hanya lima juta barel menjadi Sembilan juta barel perhari. Diperkirakan bahwa shale gas dan shale oil bisa menyediakan setengah pasokan energy USA pada tahun 2020. Saat ini dianalisa amerika bukan lagi Negara konsumen melainkan Negara produsen,hal ini menyebabkan ketar ketirnay harga minyak.
Permintaan menurun
Negara Negara didunia saat ini sedang mengalami perlambatan ekonomi, hal ini dipicu oleh ekonomi global yang sedang mengalami penurun. Oleh sebab itu Negara-negara maju dan berkembang sedang berjuang memperbaiki ekonomi negaranya. Akibatnya permintaan akan minyak mentah menurun.
Perekonomian negar cina  dan india sedang lesu
Telah kita ketahui bahwa Negara cina merupakan Negara konsumen minyak mentah terbesar kedua didunia, sedangkan  india berada diurutan keempat. Hal ini menyebabkan cina dan india membatasi impor migas mereka.
Kenaikan nilai dolar
Seperti harga komoditas lainya, minyak mentah pun dihargai dengan dollar AS. Akibatnya ketika nilai tukar naik maka harganya pun demikan untuk diluar AS. Mata uang dolar tahun lalu telah naik tujuh persen dibandingkan dengan mata uang Negara lainya. Hal ini menyebabkan lesunya ekonomi suatu Negara yang akan mengefisiensi jumlah impor migas.
Iran akan membanjiri pasar
Kesepakan nuklir iran dengan Negara-negara barat memicu minyak mentah akan membanjiri pasar dan iran akan menggenjot produksi migas mereka. Bahkan saat ini iran diketahui sedang minimbun banyak minyak mentah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PENYEBAB HARGA MINYAK DUNIA TURUN"

Posting Komentar