Pages

LAPANGAN GAS PAKU GAJAH MASIH MENGGIURKAN BAGI PEKERJA PEMBORAN DI SUMSEL













Paku gajah deveploment project (PGDP) PT pertamina ep, sampai saat ini masih melakukan kegiatan pengeboran saat harga migas dunia masih berada di level yang rendah. Hal ini diakukan didorong dengan penemuan sturuktur baru diarea paku gajah yakni,pagardewa,prabumenang,tasim,karang dewa,pemaat,piretrium dan laverta.
Pada tahun 2009 management pertamina ep memutuskan untuk menjadikan area pagardewa sebagai Project Area Fokus Eksplorasi (PAFE), guna mempercepat pengembangan struktur penemuan hydrocarbon sebelum dialaksanakan plan of development (POD). Pada akhir September 2012,PAFE Pagardewa diubah menjadi Paku Gajah Development Project (PGDP), dengan tujuan mempercepat persetujuan POD.Ada pun akronim dari pakugajah itu sendiri yaitu, “pagardewa,kuang dan gajahberingin”. Dan POD Paku gajah phase 1 terdiri dari struktur,pagardewa(PDW),Prabumenang(PMN),Tasim(TSM),Pagardewa selatan(PDS),dan Karangdewa(KRD).
Lapangan paku gajah tahun 2015 semakin cerah dengan ditemukan tambahan gas dan kondensat pada sumur yang ditargetkan pada rencana kerja (RK) tahun 2015. Musabahnya pada pengeboran tiga sumur pada RK 2015,Ketiga sumur tersebut yaitu, pagardewa(PDW)-07,pagardewa selatan (PDS)-02,dan yang terakhir prabumenag (PMN)-10.Sumur PMN-10 Dibor mengunakan rig EMSCO PDSI, Dan ditajak akhir oktober 2015 dengan kedalaman 1.646m. uji produksi dilakukan pada interval kedaaman 1.538-1.544m dalam lapisan batu gamping formasi baturaja dengan hasil rata-rata berupa gas sebesar 5,7 juta kaki kubik per hari (mmscfd) dan 74 barel kondensat per hari (BCPD).
Paku gajah, selain melakukan pengeboran sumur yang dimaksud,untuk menjaga kesinambungan dalam RK 2015 melakukan pekerjaan work over sebanyak 6 sumur dari tota 14 sumur yang sudah ada. Status produksi lapangan paku gajah saat ini rata-rata adalah gas sebesar 45 (mmscfd) dan kondensat 1.000 (bcpd) dari 14 sumur yang aktif.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "LAPANGAN GAS PAKU GAJAH MASIH MENGGIURKAN BAGI PEKERJA PEMBORAN DI SUMSEL"

Posting Komentar